Mencicipi Manisan Terong dari Jogja ~ Jajan Jogja Online

Monday, August 4, 2008

Mencicipi Manisan Terong dari Jogja

Beberapa hari yang lalu, Jajan Jogja sempat mengunjungi Expo Karya Perempuan 2008 di Balai Pamungkas, Yogyakarta. Event yang dibuka oleh Wakil Gubernur DIY, Pakualam IX ini bisa dibilang lumayan menyedot perhatian khalayak masyarakat Jogja khususnya yang peduli terhadap upaya pemberdayaan perempuan di bidang ekonomi. Kehadiran Jajan Jogja di expo tersebut setidaknya turut memberikan apresiasi pada para perempuan Jogja yang kreatif membuat beragam karya. Produk-produk karya mereka seperti souvenir, batik, anyaman, tenun, sulaman, pakaian, jamu, dan tak ketinggalan adalah makanan khas banyak dijumpai disini.

Sebanyak 50 peserta expo berasal dari kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) yang tersebar di 5 kabupaten/kota yaitu Kota Yogyakarta, Sleman, Bantul, Kulonprogo, dan Gunungkidul. Bila dilihat dari data Pemerintah Provinsi DIY, sebenarnya terdapat 4.994 kelompok UPPKS. Dari 50 kelompok UPPKS tersebut, terdiri atas kaum perempuan yang tergolong dalam klasifikasi pengusaha mikro dan kecil.

Ketika Jajan Jogja masuk ke dalam area pameran, langsung saja mencari-cari stand yang mempromosikan makanan khas. Di salah satu stand UPPKS dari Kulonprogo, tiba-tiba seorang wanita penjaga stand menawari kami untuk mencicipi manisan dari buah Terong. Lalu kami ambil satu potong manisan dan kami cicipi rasanya. Kriuuk..ummmh, segar dan manis. Rasanya tidak berbeda jauh seperti manisan pada umumnya. Dikemas dalam wadah kue kering dari plastik, bentuk utuh manisan terong tetap memanjang dan berwarna gelap. Saat disajikan tinggal dipotong-potong sesuai irisan yang diinginkan. Bila disimpan bisa tahan sampai 1 bulan. Manisan terong ini cocok buat camilan keluarga maupun dijadikan sebagai oleh-oleh untuk kerabat.

Lalu kami berputar-putar lagi, ternyata banyak jajanan khas kreasi ibu-ibu kelompok UPPKS. Diantaranya kami menjumpai Jenang Ayu, Manggleng,Lanting, Kripik Pisang, Krupuk Lele, Krupuk Susu, Krupuk Telur, Gatot Instan, Ampyang, Rempeyek, Patelo, Emping Melinjo, Rengginan, Apem Ayu, Thiwul, Gatot Matang, Kacang Oven, Keripik Salak, Keripik Nangka, Criping Talas, Criping Kentang, Wajik Salak, Sale Pisang, Geplak Jagung, dan Keripik Tempe.

*Foto diambil dari Toko Indonesia

5 comments:

infogue said...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kuliner terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

Bocah klaten said...

Bisakah anda postingkan tentang cara detail membuat criping pisang?

bisnis said...

bisnis

bisnis online

peluang bisnis

internet marketing

belajar bisnis online

peluang usaha

kaya

bisnis said...

bisnis

bisnis online

peluang bisnis

internet marketing

belajar bisnis online

peluang usaha

kaya

toko online tupperware said...

Ternyata makanan khas jogja bukan cuma gudeg saja.
iklan
iklan baris

 
Supported by BlogspotTutorial. 2008